Tentang Kami
Lokasi Kami:
___________________________________________________________________________________
Nama : MIN 21 BIREUEN
NSM : 111111110021
NPSN : 60703295
Alamat : Jalan Medan Banda Aceh Gampong Teupok Teunong
Kode Pos : 24251
Desa/Kelurahan : Teupok Teunong
Kecamatan : Kec. Jeumpa
Kabupaten : Kab. Bireuen
Propinsi : Prov. Aceh
Status Sekolah : Negeri
MIN 21 Bireuen di dirikan pada tahun ± 1962 awal mulanya Dana Swadaya Masyarakat sampai pada penegrian dan kemudian dikelola Kementerian Agama Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh bersama masyarakat, terletak di Desa Teupok Teunong Kecamatan Jeumpa MIN ini letaknya di Jalan Nasional Medan Banda Aceh dengan mudah diakses oleh semua lapisan masyarakat. Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, ada prestasi yang telah dicapai oleh MIN 21 Bireuen antara lain lulusan setiap tahun selalu 100 %.
MIN 21 Bireuen memerlukan peningkatan dan pengembangan dalam berbagai aspek, misalnya dalam hal kurikulum, pembelajaran, sumberdaya manusia, sarana dan prasarana, kesiswaan, pendanaan, serta peran serta masyarakat dalam bidang pendidikan.
Madrasah Dasar sebagai lembaga pendidikan formal mengemban amanat untuk mencapai dan mendukung visi dan misi pendidikan nasional serta pendidikan di daerah masing - masing. Oleh karena itu MIN 21 Bireuen perlu memiliki visi dan misi Madrasah. Dengan adanya visi dan misi MIN 21 Bireuen dapat dijadikan arah pijakan untuk bertindak dalam mencapai tujuan pendididkan yang dicita - citakan. Berikut ini visi, misi dan tujuan pendidikan MIN 21 Bireuen
A. VISI MADRASAH
Mewujudkan Madrasah Unggul yang Membentuk Generasi Berilmu Agama, Berkarakter Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil ‘Alamin, Peduli Lingkungan, serta Berkembang Sesuai Potensi Diri.
B. MISI
- Menguatkan pemahaman dan pengamalan agama Islam melalui pembelajaran Al-Qur’an, akidah, akhlak, dan ibadah praktis yang aplikatif dalam kehidupan.
- Mengimplementasikan program *P5RA* (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil ‘Alamin) untuk membentuk karakter peserta didik yang berakhlak mulia, toleran, cinta tanah air, dan berkontribusi bagi kesejahteraan alam semesta.
- Menumbuhkan kesadaran lingkungan melalui pembelajaran kontekstual, gerakan hijau madrasah, dan aksi nyata pelestarian ekosistem sekitar.
- Mengembangkan karakteristik unik setiap anak didik melalui pendekatan pembelajaran diferensiasi, bimbingan bakat-minat, serta kegiatan pengembangan diri yang berorientasi pada kemandirian dan kreativitas.
- Membangun kolaborasi dengan keluarga, masyarakat, dan pemangku kepentingan untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang holistik dan berkesinambungan.
C. TUJUAN
Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 21 Bireuen memiliki tujuan :
- Menghasilkan lulusan yang menguasai ilmu agama Islam secara mendalam dan mampu mengintegrasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
- Mencetak peserta didik yang memiliki profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan lil ‘Alamin: beriman, berakhlak mulia, berpikir kritis, kreatif, gotong royong, serta peduli lingkungan.
- Menjadikan madrasah sebagai model pendidikan ramah lingkungan melalui program kelas hijau, pengelolaan sampah berkelanjutan, dan edukasi konservasi alam.
- Mengoptimalkan potensi dan karakteristik individu peserta didik (kognitif, emosional, sosial, dan spiritual) melalui ekstrakurikuler, proyek kolaboratif, dan pembinaan talenta.
- Meningkatkan peran madrasah sebagai pusat penguatan pendidikan karakter berbasis agama dan lingkungan di tingkat komunitas.
- Menjadi mitra aktif bagi masyarakat dalam pengembangan pendidikan karakter, keagamaan, dan pelestarian lingkungan di tingkat lokal.
D. MOTTO
Ilmu Menuntun, Iman Mengakar, Alam Terjaga, Karakter Bersinar!
Gambaran mengenai keadaan Madrasah dalam kurun waktu tiga tahun terakhir dapat dikemukakan sebagai berikut :
E. PROSES BELAJAR MENGAJAR
Pelaksanaan PBM di MIN 21 Bireuen berjalan dengan baik mengingat tenaga pendidik dan jumlah peserta didik sesuai dengan keperluan. Pelaksanaan pembelajaran paikem di MIN 21 Bireuen sudah berjalan 3 tahun, sehingga trampil menampakkan ini di setiap kelas.
F. KESISWAAN
1. Jumlah siswa setiap tahun stabil dengan jumlah yang besar, karena apabila jumlah siswa dibatasi akan mengakibatkan terjadinya demo dari masyarakat.
2. Jumlah siswa yang mengulang dari kelas 1 sampai dengan kelas VI adalah ± 3 siswa
3. Karena adanya kesadaran dari orangtua sehingga tidak adanya siswa yang putus Madrasah.
4. Ketidakhadiran siswa rata - rata dikarenakan alasan sakit ataupun ijin tidak lebih dari 2%.
5. Rata - rata nilai UAS dan UPM setiap tahun cenderung naik.
- Sebagai hasil upaya maksimal dari guru, maka setiap tahun kelas VI lulus 100%.
- Dari seluruh jumlah lulusan tersebut (100 %), semua siswa dapat diterima di Dayah, MTSN
sederajat favorit.
6. a. Dari jumlah siswa 497 ada 25 siswa yang memerlukan perhatian khusus karena mengalami
kesulitan belajar.
b. Siswa dengan kategori cerdas kurang lebih 30% dari jumlah keseluruhan siswa.
Beberapa prestasi akademik yang sudah mencapai tingkat kota diantaranya pelajaran matematika, sedangkan untuk nilai UN mendapatkan peringkat ke-3 dari sejumlah 15 Madrasah. Untuk perkembangan kegiatan ekstrakulikuler, pada masing - masing jenis kegiatan jumlah peserta bertambah.
G. KETENAGAAN
1. Dari 30 orang guru memiliki ijazah S1, sedangkan 2 orang berijazah S2, 2 orang berijazah Diploma dan kesemuanya berdedikasi tinggi.
2. Untuk menunjang managemen Madrasah, maka kepala Madrasah dibantu dua tenaga TU
3. Untuk menjaga keamanan dan kebersihan Madrasah diperlukan seorang satpam.
H. SARANA DAN PRASARANA
1. Sarana
Sarana pembelajaran belum dapat dikatakan lengkap karena fasilitas yang ada hanyalah ruang pembelajaran.
2. Prasarana
Prasarana penunjang pembelajaran di semua kelas belum tersedia secara keseluruhan sesuai dengan jumlah siswa.
3. Meubeler
20 % dari jumlah kursi di kelas - kelas dalam keadaan rusak ringan.
4. Perpustakaan / UKS
Sampai saat ini perpustakaan dan UKS masih menggunakan rak buku yang ada.
5. Buku
Jumlah buku dan sumber belajar belum lengkap, untuk kelas I sampai dengan kelas VI belum semua buku pelajaran tersedia.
I. KEUANGAN
Kondisi keuangan di MIN 21 Bireuen ini cukup baik sudah bisa memenuhi kebutuhan operasional Madrasah yang bersumber dana dari BOS dan ada kalanya dari partisipasi komite, wali murid dan tokoh masyarakat lainnya.
J. PERAN SERTA MASYARAKAT
1. PSM membantu aktif terhadap pengembangan Madrasah berupa tenaga, dan pikiran.
2. Telah disusunnya kepengurusan yang baik dan ideal
3. Kontribusi dan fungsi pengurus sudah baik.
K. LAYANAN KHUSUS
- Layanan perpustakaan masih perlu penambahan buku dan pembenahan - pembenahan karena minat siswa ke perpustakaan masih 30 % dari seluruh jumlah siswa, hal ini dikarenakan perpustakaan kurang menarik.
- Bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar, Madrasah memberikan layanan khusus berupa bimbingan oleh guru kelas di luar jam pelajaran dan tidak dipungut biaya.